Rencana Pemerintah Untuk Redenominasi Rupiah

Posted By: Elsa Oktaviana - Dec• 08•12

n00033257-bPada hari Sabtu tanggal 17 Desember 2012  tepatnya pada sore hari , saya menonton sebuah berita di salah satu stasiun TV swasta. Berita tersebut sedikit mengejutkan saya, karena berita tersebut berisi mengenai rencana pemerintah untuk melakukan Redenominasi Rupiah . Apa itu Redenominasi Rupiah ? Redenominasi rupiah merupakan rencana untuk melakukan penyederhanaan angka nol Rupiah sebagai contoh uang Rp.1000 menjadi Rp. 1 . Berdasarkanjaringnews.com : Rencana redenominasi rupiah ini sempat surut ketika diinisiasi oleh Bank Indonesia pada awal tahun ini, dan sekarang rencana ini dihidupkan kembali oleh pemerintah dan BI . Menurut juru bicara BI, Difi Johansyah, pemerintah dan BI telah membentuk suatu tim di bawah Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) . Tim yang diketuai oleh Menteri Keuangan, Agus Martowardojo itu, menargetkan akan memasukkan usul RUU Redenominasi Rupiah awal tahun depan dan diharapkan dapat diundangkan tahun itu juga. Saat ini tim sudah memasuki tahap konsultasi publik untuk mendapatkan masukan dari masyarakat perihal rencana redenominasi tersebut.

Namun yang menjadi pertanyaan disini yaitu apa dampak dari pemberlakuan Redenominasi Rupiah terhadap keuangan pribadi ? Berdasarkan apa yang saya baca dari website http://djajendra-motivator.com bahwa , secara teori dan matematis Redenominasi rupiah tidak akan berpengaruh terhadap keuangan pribadi kita. Hal ini dikarenakan redenominasi rupiah tidak menyebabkan nilai mata uang turun, namun redenominasi rupiah ini bertujuan untuk menyederhanakan besaran uang nominal secara matematis . Seperti contoh Rp.1000 menjadi Rp. 1 .

Dampak negatif yang akan ditimbulkan di masyarakat yaitu dampak psikologis . Rasa ketakutan masyarakat akan redenominasi akan menyebabkan harga menjadi naik, dengan menaiknya harga akan menyebabkan inflasi .  Dari sumber http://parahita.wordpress.commengatakan bahwa, dampak negatif  lain juga akan terasa pada bursa saham. Selain kita akan dapat membeli saham dengan harga lebih ’murah’  , para pelaku pasar akan bersikap negatif karena secara umum mereka menghendaki kestabilan ekonomi. Walaupun redenominasi seperti telah dipaparkan sebelumnya secara teori tidak menganggu aktivitas ekonomi, namun dampak psikologis yang ditimbulkannya terhadap masyarakat akan cukup mengkhawatirkan pelaku pasar.

Menurut pendapat saya pribadi, jika memang rencana yang kembali dihidupkan lebih matang dari rencana tahun sebelumnya dan pemerintah dan BI telah mengetahui apa dampak positif dan negatif yang akan ditimbulkan dari rencana tersebut. Maka tidak akan ada masalah, dan saya pribadi setuju dengan adanya rncana tersebut. karena rencana tersebut terlihat lebih efisien dan akan membuat kita nyaman saat melakukan transaksi, meskipun dampak positif tersebut tidak memberikan dampak yang signifikan. Selain itu saya harap pemerintah juga memperhitungkan psikologis yang akan dialami masyarakat dengan adanya rencana  redenominasi rupiah ini.

Lalu bagaimana menurut anda ? Apakah anda setuju dengan rencana redenominasi rupiah ini ?

sumber : http://elsaoktaviana.wordpress.com/2012/12/08/rencana-pemerintah-untuk-redenominasi-rupiah/


You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Refresh